Peringatan World Pharmacist Day 2018

Peringatan World Pharmacist Day 2018

16

Oct 2018

      Peringatan World Pharmacist Day 2018 (WPD 2018) dengan tema "Pharmacist: Your Medicines Experts" dilakukan pada tanggal 25 September 2018 yang lalu. Federasi Apoteker Internasional (FIP) mengajak seluruh apoteker dunia untuk melakukan kegiatan dalam rangka mewujudkan tema apoteker sebagai pakarnya obat. Berkaitan dengan hal tersebut, berbagai kegiatan dalam rangka WPD 2018 dilaksanakan oleh berbagai Perguruan Tinggi Farmasi di Daerah Istimewa Yogyakarta.

      Program Studi Profesi Apoteker UII menggelar kegiatan edukasi penggunaan obat yang benar dengan sasaran siswa taman kanak kanak. 117 mahasiswa yang terbagi dalam 10 kelompok melakukan kegiatan di 10 Sekolah TK yang ada di sekitar kampus UII. Aktivitas edukasi yang dilakukan adalah bermain dan bergembira lewat  dongeng, menyayi, menari, mewarnai yang disisipi pesan-pesan penggunaan obat yang benar. Para siswa sangat menikmati aktivitasnya dan mengingat 4 pesan utamanya yaitu: Minum obat jika sakit, Minum obat harus didampingi orang tua, Jangan menerima obat dari orang yang tidak dikenal dan obat bukan permen. Acara yang berlangsung selama 60 hingga 90 menit ini mendapatkan apresiasi dari kepala sekolah, guru dan orang tua wali di sekolah siswa. Mereka berharap acara ini bisa terus dilanjutkan untuk periode selanjutnya agar siswa-siswa mempunyai bekal pengetahuna yang baik dalam penggunaan obat. (@sukirsadja)

Kampanye Edukasi Penggunaan Obat Mahasiswa PSPA UII Pada Peringatan World Pharmacist Day 2018: "OBAT BUKAN PERMEN"

        Dalam rangka memperingati World Pharmacist Day 2018, mahasiswa-mahasiswi Fakultas Farmasi Sanata Dharma mengadakan acara yaitu Faction (Future Pharmascist in Action). Faction ini merupakan serangkaian acara yang tujuannya untuk memperkenalkan peran apoteker di bidang kesehatan kepada masyarakat luas. Serangkaian acara yang digelar pada Faction tahun yang ke-3 ini diantaranya adalah pengenalan ilmu kesehatan khususnya kefarmasian kepada anak-anak SMA se Jawa-Sumatera dengan mengadakan kegiatan lomba Cerdas Cermat dan lomba Karya Tulis Ilmiah yang diadakan pada tanggal 22 September 2018. Agenda lainnya adalah peningkatan kompetensi dan ilmu pengetahuan khususnya yang terkait dengan kecantikan kepada rekan-rekan apoteker serta masyarakat umum melalui kegiatan Seminar Nasional yang akan dilaksanakan pada tanggal 6 Oktober 2018 serta diakhiri dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berupa pengobatan gratis yang rencananya akan diadakan di bulan November 2018. Disamping serangkaian kegiatan tersebut, pada tanggal 29 dan 30 September 2018, mahasiswa, dosen dan alumni fakultas farmasi USD juga mengadakan kegiatan pengobatan gratis yang bekerja sama dengan tenaga kesehatan lain serta beberapa LSM, diantaranya adalah Rotary Club dan YPMJ. (farmasiusd)

Kegiatan Pengobatan Gratis yang Bekerja sama dengan Tenaga Kesehatan Lain serta beberapa LSM

        Pada hari Selasa, 25 September 2018 sebanyak 30 mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan (FF UAD) berkumpul di titik Nol KM Yogyakarta. Para mahasiswa melakukan kegiatan pengabdian berupa pembagian brosur berisi edukasi kepada masyarakat untuk menghindari berita HOAX khususnya berita terkait pengobatan yang tidak berlandaskan bukti. Mahasiswa juga melaksanakan KIE (Komunikasi Informasi dan Edukasi) kepada pengunjung di sekitar malioboro, titik nol KM, hingga alun-alun utara Yogyakarta. Acara ini dilaksanakan dalam rangka memperingati World Pharmacist Day 2018. Acara ini merupakan inisiasi yang dilakukan oleh Departemen Kajian dan Strategis BEM FF UAD 2018 untuk menggalakan penyaringan informasi dalam menangkal berita HOAX di tengah arus informasi global yang sangat pesat. Hari Apoteker Sedunia (World Pharmacist Day) tahun ini yang bertemakan “Your Medicines Expert” menjadikan sarana sosialisasi kepada masyarakat yang tepat mengenai keahlian apoteker dalam bidang obat-obatan. (farmasiuad)

BEM FF UAD Peringati Hari Apoteker Se-Dunia 2018 Dengan KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi) “LAWAN HOAX”

         Dalam rangka memperingati World Pharmacist Day 2018, Pusat Informasi Obat Program Studi Farmasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Prodi Farmasi FKIK UMY) bersama dengan Himpunan Mahasiswa Farmasi (HIMFA) FKIK UMY telah melaksanakan kegiatan KIO (Kampanye Informasi Obat) dengan tema “Penggunaan Antibiotik Dengan Bijak di Masyarakat”. Program dilaksanakan pada hari Minggu, 14 Oktober 2018 bertempat di Kampus Terpadu UMY. Sasaran kegiatan adalah masyarakat pengunjung Ahad Morning. Program ini dilaksanakan mengkampanyekan terkait informasi antibiotik baik dari segi pemakaian, jenis, penyalahgunaan dan informasi-informasi penting lainnya. Manfaat pelaksanaan acara ini adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk dapat mengoptimalkan penggunaan antibiotik secara bijak dan tepat. (farmasiumy)

Himpunan Mahasiswa Farmasi (HIMFA) UMY Peringati World Pharmacists Day 2018 Dengan KIO (Kampanye Informasi Obat) “Penggunaan Antibiotik Dengan Bijak di Masyarakat”