IAI DIY Gelar Aksi Sosial Peduli Lombok

IAI DIY Gelar Aksi Sosial Peduli Lombok

08

Oct 2018

Gempa bumi yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) sejak Juli 2018 memakan banyak korban jiwa dan menyebabkan kerusakan yang tidak sedikit. Hal ini menjadi duka bagi seluruh masyarakat Indonesia. Seluruh lapisan masyarakat Indonesia mengumpulkan bantuan berupa materi dan non materi untuk meringankan beban masyarakat Lombok yang mengalami gempa tersebut. Tak ketinggalan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) DIY selaku organisasi profesi apoteker berinisiatif untuk menggelar aksi sosial untuk korban gempa.

Dr. Nanang Munif Yasin, M.Pharm, Apt selaku selaku ketua PD IAI DIY mengatakan bahwa PD IAI DIY membentuk tim gabungan IAI DIY Peduli NTB. Bantuan yang dikumpulkan tidak hanya berupa obat-obatan namun juga pakaian serta kebutuhan dasar yang telah dikirimkan dengan bantuan Hercules TNI. Selain itu donasi awal sebesar Rp 15 Juta juga diberikan melalui Pengurus Pusat IAI.

Tak sampai disitu IAI juga menggelar Penggalangan dana “GERSAWU” atau Gerakan Satus Ewu” yaitu sebagai wujud kepeduliannya Apoteker seluruh DIY menyumbang minimal Seratus ribu rupiah. Kegiatan ini melibatkan Perguruan Tinggi Farmasi, Dinas Kesehatan, BBPOM DIY, Farmasi Rumahsakit, Farmasi Komunitas, PBF serta seluruh apoteker di DIY. Hal ini bertujuan untuk mengkampanyekan peduli NTB kepada seluruh warga masyarakat melalui pemasangan spanduk serta media sosial.

Puncak penggalangan dana yang dilaksanakan di Alun-Alun Kidul Pada hari Minggu,19 Agustus 2018 dan menghadirkan lebih dari 500 orang Apoteker berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp109.186.957. Selain penggalangan dana,  acara ini dikemas dalam bentuk senam massal dan juga kampanye Gema Cermat (Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat) dengan jargon 5 O.Acara ini juga bertujuan untuk mengedukasi masyarakat agar dapat menjadi konsumen obat yang cerdas. (IH)