Sinau Online Series SOS Ke 26 Dan Syawalan PD IAI DIY

Yogyakarta, 30 Mei 2021 telah terlaksana kegiatan syawalan dan SINAU ONLINE SERIES (SOS) Ke-26 PD IAI DIY. Kegiatan ini merupakan inovasi di masa pandemi supaya apoteker tetap bisa update ilmu serta syawalan bersama pengurus dan para anggota IAI DIY meskipun dilakukan secara online.

Acara dimulai pukul 08.00 WIB melalui platfrom _zoom& youtube  dengan diawali pembukaan oleh master of ceremony apt.Mustaruddin, M.Sc yang merupakan apoteker dari RSUP Sardjito. Dilanjutkan dengan berdoa agar berjalan dengan lancar dan menghasilkan output yang diinginkan. Lagu Indonesia Raya, Hymne IAI dan lantunan ayat suci Al Quran yang dibacakan oleh apt Heni Riana, S.Far juga turut membuka acara  ini. Acara berjalan begitu hikmat.

SOS Ke-26 dihadiri oleh kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Kepala BPOM Kota Yogyakarta, ketua PD IAI DIY beserta jajaran, tamu undangan dan utusan seminat pengurus cabang se-DIY.

Tema yang diangkat sangat menarik yaitu Experience The Freedom with Co-Formulation Insulin. Sebelum SOS dimulai, acara diawali dengan ikrar syawalan Pengurus Daerah IAI DIY 2021 yang dibacakan oleh apt. H Winanta, M.Si dan apt. drs. Elvy Effendie, M.Si.

Dilanjutkan dengan hikmah syawalan dengan tema "Apoteker  Bahagia di Masa Pandemi" diisi oleh Ust. Dr. H Khoiruddin Bashori, M.Si (Direktur Advokasi dan Pemberdayaan Masyarakat Yayasan Sukma Jakarta). Beliau menyampaikan bahwa dalam hidup ini ada dua sikap yang mencerminkan keimanan yang baik bagi seorang manusia, jika dia diberi nikmat maka bersyukur dan jika diberi cobaan dia bersabar. Sebaik- baik orang adalah yang mempunyai jiwa ikhlas yaitu melakukan sesuatu karena mengharap keridhoan Alloh bukan karena dilihat manusia, semoga kita semua bisa menjadi manusia yang selalu mendapatkan Ridho Alloh SWT.

Kemudian Sesi II diisi oleh dr. Hemi Sinorita, SpPD-KEMD, FINASIM (Praktisi dokter RSUP dr. Sardjito) dengan materi "Terapi insulin simpel dengan Co-Formulation Insulin" yang mana pada materi tersebut dijelaskan tentang tantangan kendali glikemia yang belum teratasi dengan insulin saat ini dan bagaimana IDegAsp membantu menjawab tantangan tersebut.

Sesi terakhir diisi oleh apt. Asri Riswiyanti, M. Sc (praktisi apoteker RSUP Sardjito) dengan materi "Role of Pharmacist in New Insulin Co-Formulation" yang menjelaskan tentang penyimpanan insulin, peran apoteker dalam terapi insulin dan formulasi baru insulin.

Kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. Di acara ini juga diumumkan pemenang lomba tiktok edukasi yang dibuat oleh apoteker DIY. Dari 13 peserta dipilih 3 pemenang yaitu juara 1 apt Penina Kurnia Uly, juara 2 diraih oleh apt Ariska Wigatiningtyas, dan juara 3 diraih oleh apt Agnes Dotie Octaviani. Selamat ya buat para pemenang semoga dapat menginspirasi semua apoteker untuk berinovasi memberi edukasi.

Demikianlah rangkaian Kegiatan SOS ke-26 semoga ilmu dan pengetahuan yang telah di dapatkan bermanfaat ^_^. Sampai jumpa di SOS yang akan datang

penulis : Marisa Adnasari A
editor : Isti Mutmainah