Sinau Online Series SOS Ke-35

Yogyakarta, 19 Desember 2021 telah terlaksana kegiatan rutin Sinau Online Series (SOS) ke-35 yang dilaksanakan PD IAI DIY dalam menambah khasanah ilmu bagi apoteker di masa pandemi. Acara dibuka pukul 08.00 WIB melalui platfrom zoom & youtube oleh master of ceremony apt. Christianus Heru Setiawan, M. Sc (Dosen Fakultas Farmasi Sanata Dharma) dilanjutkan dengan berdoa agar acara berjalan dengan lancar. Lagu Indonesia Raya dan Hymne IAI ikut meramaikan pembukaan.

 

SOS Ke-35 dihadiri oleh Head of Medical Marketing & Sales Capability PT. Mead Johnson Indonesia yaitu dr, Muhammad Lazuardi Nasja Putra, Ketua PD IAI DIY apt Nanang Munif Yasin, M.Pharm, Ketua Umum PP IAI apt. Drs Nurul Falah Eddy Pariang, Ketua MEDAI (Majelis Etik dan Disiplin Apoteker Indonesia) DIY apt. Drs Elvy Effendi, M.Kes, Ketua (DEWAS) Dewan Pengawas DIY apt Wimbuh Dumadi, S.Si., M. H, tamu undangan, pengurus PD IAI DIY serta apoteker seluruh Indonesia.

 

Sesi pertama diisi oleh apt. Hendy Ristiono, MPH (Sekretasis PD IAI DIY & Dosen Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan) dengan tema "Peran Apoteker dalam Mendukung Food For Spesial Medical Purpose". Beliau menjelaskan definisi malnutrisi, kondisi malnutrisi, efek malnutrisi, upaya untuk penanggulanan gizi buruk, dan peran apoteker didalamnya.

 

Sesi kedua oleh dr. Muhammad Lazuardi Nasja Putra (PT. Mead Jhonson Indonesia) dengan tema "Regulasi Pangan Olahan Keperluan Medis Khusus". Beliau menjelaskan tentang definisi pembagian produk pangan olahan untuk keperluan gizi khusus, perbedaan PDK - VS PKMK - FSMP, Pengaruh peraturan BPOM terhadap proses distribusi dan penggunaan produk PKMK-FSMP. Kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

 

Sesi Ketiga yaitu presentasi produk PT. Mead Johnson Indonesia, bapak Aan Wiyadi yang menyampaikan berbagai produk yang dapat menunjang FSMP. Sesi terakhir adalah pengumuman pemenang lomba video dan foto dalam rangka World Pharmacist Day (WPD) 2021 oleh apt. Estri Karyani, S.Si. Perlombaan tersebut diikuti oleh apoteker DIY dengan pemenang lomba video adalah Deviana Faradiska, Melisa Rizki Nurani dan Fransiska Widaningrum. Sedangkan pemenang foto terbaik adalah pemilik akun instagram @melisarn_ @iimfarmasi dan @viskaftr. Seminar diakhiri pukul 12.00 WIB.

 

Demikian rangkaian kegiatan SOS ke 35, semoga ilmu dan pengetahuan yang telah didapatkan bisa menambah wawasan kita semua. Meskipun ada banyak sekali produk untuk memenuhi nutrisi bayi namun kita sebagai apoteker harus tetap mengedukasi masyarakat bahwa asi merupakan makanan terbaik untuk bayi.

 

Penulis : Naufal Zihanpalva Fairus I M

Editor : Isti Mutmainah