Sinau Online Series SOS Ke-33

Yogyakarta, 25 September 2021 telah terlaksana kegiatan rutin Sinau Online Series (SOS) Ke-33. SOS merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan PD IAI DIY dalam menambah khasanah ilmu bagi apoteker di masa pandemi.

SOS kali ini bertepatan dengan World Pharmacist Day (WPD) atau Hari Apoteker Sedunia. WPD diperingati setiap tanggal 25 September. Tema pada tahun ini yaitu "Pharmacy: Always trusted for your health”

Acara dibuka pukul 08.00 WIB melalui platfrom zoom & youtube oleh master of ceremony apt. Estri Karyani, S.Si dilanjutkan dengan berdoa agar acara berjalan dengan lancar dan menghasilkan output yang diinginkan. Lagu Indonesia Raya dan Hymne IAI ikut meramaikan pembukaan seminar.

SOS Ke-33 dihadiri oleh Ketua PD IAI DIY apt Nanang Munif Yasin, M.Pharm, Ketua Umum PP IAI apt. Drs Nurul Falah Eddy Pariang, Ketua MEDAI (Majelis Etik dan Disiplin Apoteker Indonesia) DIY apt. Drs Elvy Effendi, M.Kes, Ketua (DEWAS) Dewan Pengawas DIY apt Wimbuh Dumadi, S.Si., M. H, tamu undangan, pengurus PD IAI DIY serta apoteker seluruh Indonesia. Moderator dalam acara SOS Ke-33 ini adalah apt. Susi Susilawati, S.Si.

Tema yang diangkat sangat menarik yaitu " Warga Djogja Istimewa : Bersama Apoteker Sukseskan Vaksinasi dan Lawan Hoax Pandemi Covid-19".

Sesi pertama diisi oleh apt. Mustaruddin, M.Sc (Apoteker Farmasi Klinis RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta dan Anggota Tim Pengabdian Tanggap Bencana PD IAI DIY) dengan tema "Literasi Masyarakat Dalam Menangkal Hoax Pandemi Covid-19". Beliau menjelaskan pengertian, jenis-jenis, tujuan, dan manfaat literasi. Serta peran apoteker dalam menangkal hoax.

Sesi Kedua diisi oleh apt. Arifianti Piskana Susilawati M.Clin.Pharm (Pengurus PD IAI DIY & Apoteker RSUD Wonosari), dengan tema "Seputar Mitos dan Fakta Vaksinasi Covid-19". Beliau menjelaskan tentang bagaimana cara membuat vaksin, prinsip kerja vaksin, pentingnya vaksin covid-19 serta seputar fakta dan mitos vaksin covid-19 yang beredar di masyarakat.

Sesi terakhir yaitu diskusi dan tanya jawab yang dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba foto dan video WPD 2021. Seminar diakhiri pukul 12.00 WIB.

Dengan beberapa pemaparan materi diatas semoga bermanfaat dan kita dapat memfilter berita yang beredar di masyarakat.

Demikianlah rangkaian Kegiatan SOS Ke-33 ini semoga ilmu dan pengetahuan yang telah didapatkan bisa menambah wawasan kita semua.

Happy World Pharmacist Day 2021 semoga Apoteker Indonesia selalu menjadi garda terdepan dalam membangun kesehatan untuk masyarakat. Sampai jumpa di SOS yang akan datang. Stay Safe Everyone!

Penulis : Marisa Adnasari Agustina
Editor : Isti Mutmainah