Sinau Online Series SOS Ke-32

Minggu tanggal 19 September 2021 telah terlaksana kegiatan rutin Sinau Online Series (SOS) Ke-32. SOS merupakan seminar rutin yang dilaksanakan PD IAI DIY untuk menambah pengetahuan apoteker yang dilaksanakan secara online.

Acara dibuka pukul 08.00 WIB melalui platfrom zoom & youtube oleh master of ceremony apt. Marlita Putri Ekasari, S.Farm dilanjutkan dengan berdoa agar acara berjalan dengan lancar dan menghasilkan output yang diinginkan. Lagu Indonesia Raya dan Hymne IAI turut menyemarakkan pembukaan.

SOS Ke-32 dihadiri oleh Ketua PD IAI DIY apt Nanang Munif Yasin, M.Pharm, Ketua Umum PP IAI apt. Drs Nurul Falah Eddy Pariang, Ketua MEDAI (Majelis Etik dan Disiplin Apoteker Indonesia) DIY apt. Drs Elvy Effendi, M.Kes, Ketua (DEWAS) Dewan Pengawas DIY apt Wimbuh Dumadi, S.Si., M. H, tamu undangan, pengurus PD IAI DIY dan apoteker dari seluruh Indonesia yang telah terdaftar sebagai peserta. Moderator seminar ini adalah apt. Ratna Widi Astuti, SF, M.Sc.

Tema yang diangkat sangat menarik yaitu "Perlindungan dan Kewaspadaan Hukum Praktek Profesi Apoteker Melalui Legal Kontrak". Seminar ini bekerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Ahmad Dahlan.

Sesi pertama diisi oleh Dr. Hj Norma Sari, S.H.,M.Hum (Fakultas Hukum Universitas Ahmad Dahlan) dengan tema : "Kaidah dan Strategi Menyusun Kontrak Untuk Meminimalisir Resiko Hukum". Beliau menjelaskan tentang Apoteker Pengelola Apotek, Pemilik Sarana Apotek, tahapan penyusunan kontrak dan bentuk kontrak.

Sesi Kedua diisi oleh apt. Wimbuh Dumadi S.Si., M.H (Dewan Pengawas PD IAI DIY) dengan tema "Kasus Hukum Legal Kontrak Dalam Praktek Profesi Apoteker". Beliau menjelaskan kontrak perjanjian kerjasama antara apoteker dan pemilik modal serta kontrak perjanjian dalam pelayanan kefarmasian antara apoteker dengan pasien.

Sesi terakhir adalah diskusi dan tanya jawab. Seminar selesai pukul 12.00 WIB.

Dengan pemaparan materi diatas semoga apoteker dapat memahami materi yang telah disampaikan sehingga sejawat dapat berpraktek secara profesional dan bertanggungjawab.

Demikian rangkaian kegiatan SOS ke-32 ini semoga ilmu dan pengetahuan yang telah di dapatkan bermanfaat. Sampai jumpa di SOS yang akan datang. Stay Safe Everyone

Penulis : Naufal Zihanpalva I M
Editor : Isti Mutmainah