Sinau Online Series SOS Ke-28

Hari ini hari Minggu bertempat di Yogyakarta tepatnya tanggal 27 Juni 2021 telah terlaksana kegiatan rutin Sinau Online Series (SOS) ke-28. Kegiatan ini diselenggarakan oleh PD IAI DIY atas dasar wujud konstribusi PD IAI DIY kepada Apoteker Indonesia pada umumnya dan Apoteker DIY pada khususnya dalam pengembangan kompetensi dan wawasan para Apoteker.

Acara dimulai pukul 08.00 WIB melalui platfrom zoom & youtube dengan diawali pembukaan oleh Moderator apt. Muvita Rina Wati, M.Sc yang merupakan dosen Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada, dilanjutkan dengan berdoa agar acara tersebut berjalan dengan lancar dan menghasilkan output yang diinginkan. Tidak terlupa lagu Indonesia Raya dan Hymne IAI juga turut membuka acara ini. Acara berjalan begitu hikmat.

Acara SOS Ke-28 dihadiri oleh Ketua PD IAI DIY yaitu apt. Nanang Munif Yasin, M.Pharm, Ketua MEDAI (Majelis Etik dan Disiplin Apoteker Indonesia) DIY yaitu bapak apt. Drs Elvy Effendi, M.Kes, Ketua Dewan Pengawas DIY yaitu Bapak apt Wimbuh Dumadi, M. Hum Head Of Sale Zuelig Pharma Terapeutics yaitu Bapak Yadi Alfariyadi, Jajaran dan tamu undangan serta pengurus IAI PD DIY. SOS Ke-28 dihadiri oleh Apoteker seluruh Indonesia dengan jumlah total 1.845 peserta.

Tema yang diangkat sangat menarik “Optimasi Terapi Insulin Pada Diabetes Mellitus dan Mengenal SIAp Lebih Dekat”. Dalam sambutan yang disampaikan oleh ketua panitia yaitu apt. Novi Dwi Rugati., M.Sc, beliau mengatakan bahwa diabetes merupakan salah satu komorbid Covid-19 jadi pengelolaan pasien diabetes akan membantu bagi mereka yang menderita Covid-19. Yang tak kalah menarik yaitu aplikasi SIAp yang di buat oleh PP untuk mempermudah para anggotanya, beliau juga berharap dengan adanya aplikasi SIAp para anggota lebih mudah untuk mengaplikasikannya.

Pada sesi pertama seminar diisi oleh Dr. dr. Libriansyah, MM, Sp.PD- KEMD. FINASIM (Dokter di RSAL Dr. Ramelan) dengan materi "Manajemen Hiperglikemia dengan insulin Lispro (rDNA)". Beliau menjelaskan tentang pemberian Insulin kerja cepat/lispro pada managemen hiperglikemia, penggunaan insulin terutama pada pasien intensif care dan pasien khusus harus dalam pengawasan tenaga medis/dokter, managemen diabetes yang harus melibatkan berbagai unsur seperti klinisi, pasien serta keluarga pasien.

Sesi kedua diisi oleh apt. Dra. L. Endang Budiarti, M.Pharm (Ketua Bidang Farmasi Klinik PP HISFARSI, Apoteker RS Bethesda) dengan materi "Pengenalan Jenis Insulin dan Penggunaannya pada Terapi Pasien DM" beliau menjelaskan tentang macam-macam insulin mulai dari definisi, golongan, farmakokinetik secara detail dan menarik. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi aplikasi SIAp dilanjutkan diskusi dan tanya Jawab. Acara ditutup pada pukul 12.00 WIB.

Dengan beberapa pemaparan materi diatas diharapkan dapat menjadikan wawasan bagi apoteker dalam memanagemen kondisi pasien Covid-19 dengan komorbid diabetes mellitus dan aplikasi SIAp dapat dimanfaatkan untuk kemudahan anggota serta ke depan dapat berkembang lebih baik lagi. Demikianlah rangkaian Kegiatan SOS Ke-28 ini semoga ilmu dan pengetahuan yang telah di dapatkan bermanfaat. Sampai jumpa di SOS yang akan datang. Stay Safe Everyone!

penulis : Marisa Adnasari A
editor : Isti Mutmainah